Sabtu, 28 April 2012

Sejarah Pempek Palembang

assalamu'alaikum wr.wb!! apa kabar kawan2??
pada kesempatan ini saya akan menceritakan asal mula pempek palempang yang sangat terkenal, tidak hanya di palembang namun juga di seluruh indonesia. makanan ini cukup diminati oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang has.
mungkin banyak di antara kawan2 yang belum mengetahui sejarah makanan yang sangat terkenal di palembang. dibalik kelezatan makanan tersebut terselib sebuah sejarah yang cukup menarik untuk diketahui. sekita abad ke-16 pempek muncul di daratan palembang, menurut sejarahnya pempek telah ada saat masukknya pedagang cina datang kedaratan palembang, pada saat itu palembang masih dipimpin oleh sultan machumd badarrudin II. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari nama seorang pedagang cina yang bernama "apek".
Menurut cerita rakyat sekitar, pada tahun 1671 seorang laki2 keturunan cina yang bernama "apek" berusia 60 tahun yang tinggal di tepi sungai musi merasa prihatin melihat tangkapan ikan dari nelayan yang tidak dimanfaatkan secara optimal, sehingga banyak ikan yang busuk karena tidak diolah. kemudian "apek" ber-eksperimen, ia mencoba mencampur gilingan daging ikan tersebut dengan tepung sagu (tepung tapioka), dan eksperimen tersebut berhasil, makanan tersebut sangat disukai oleh penduduk. makanan tersebut dijajakan oleh "apek"dengan berkeliling kota palembang. ketika ia sedang menjual makanan tersebut ia sering dianggil oleh pelanggannya dengan sebutan "pek....apekk", dari kata itulah nama empek-empek atau pempek lahir, dan mendunia sampai saat ini.

pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, saat ini ikan tersebut sudah jarang di digunakan karena ikan tersebut sudah mulai langkah dan harganya sangat mahal, kemudian ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya cukup murah dan rasanya tetap gurih. pempek dihidangkan dengan menggunakan kua yang di sebut dengan "cuko/cuka".

bila kawan-kawan jangan lupa yaa, cobain makanan ini yaa :)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
[tutup]
var gb = document.getElementById("gb"); if (window.opera) { gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px"; }else { gb.style.right = (-gb.offsetWidth).toString() + "px"; }